Rumus-rumus dalam Excel Part 2 (Vlookup dan Hlookup)
- Vlookup
Rumus
vlookup digunakan untuk menginput data dalam jenis yang banyak, sehingga tidak
perlu untuk menginput data secara satu persatu. Sebelum digunakan rumus Vlookup
terlebih dahulu dibuat tabel yang berisi data yang akan dimasukan.
Contohnya
seperti dibawah ini:
Selanjutnya
buatlah daftar nama-nama karyawan beserta kolom pendidikan,jabatan dan gaji
seperti dibawah ini jangan lupa input kode yang sesuai dengan data diri
karyawan:
Kemudian
pada kolom pendidikan gunakan rumus seperti berikut:
=Vlookup(sort
ke kode; range tabel kemudian klik F4;tulis urutan kolom yang akan dimasukan
datanya;”false”)
Berikut
adalah contohnya:
Rumus
yang sama digunakan apabila ingin menginput data jabatan dan gaji hanya tinggal
mengganti saja urutan kolom, 3 untuk jabatan dan 4 untuk gaji.
2. Hlookup
Pada
dasarnya Hlookup sama saja dengan Vlookup namun yang membedakan adalah cara
kita membuat tabel yang berisi data. Apabila pada Vlookup kode dituliskan kebawah
(per kolom) namun pada Hlookup kode ditulis secara kesamping (per baris).
Berikut
lebih jelasnya:
Kemudian
buatlah daftar nama-nama karyawan, pendidikan, jabatan, dan gaji. Sama seperti
contoh pada Vlookup diatas. Berikut contohnya:
Kemudian
pada kolom pendidikan, tulis rumus sebagai berikut:
=Hlookup(sort
ke kode; range tabel kemudian klik F4; urutan baris;”false”). Seperti gambar di
bawah ini:
Rumus
yang sama digunakan apabila ingin menginput data jabatan dan gaji hanya tinggal
mengganti saja urutan baris, 3 untuk jabatan dan 4 untuk gaji.
Semoga
bermanfaat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar