Sabtu, 30 Mei 2015

Rumus-rumus dalam Excel Part 2 (Vlookup dan Hlookup)
  1.      Vlookup

Rumus vlookup digunakan untuk menginput data dalam jenis yang banyak, sehingga tidak perlu untuk menginput data secara satu persatu. Sebelum digunakan rumus Vlookup terlebih dahulu dibuat tabel yang berisi data yang akan dimasukan.
Contohnya seperti dibawah ini:

Selanjutnya buatlah daftar nama-nama karyawan beserta kolom pendidikan,jabatan dan gaji seperti dibawah ini jangan lupa input kode yang sesuai dengan data diri karyawan:

Kemudian pada kolom pendidikan gunakan rumus seperti berikut:
=Vlookup(sort ke kode; range tabel kemudian klik F4;tulis urutan kolom yang akan dimasukan datanya;”false”)
Berikut adalah contohnya:



Rumus yang sama digunakan apabila ingin menginput data jabatan dan gaji hanya tinggal mengganti saja urutan kolom, 3 untuk jabatan dan 4 untuk gaji.

2. Hlookup
Pada dasarnya Hlookup sama saja dengan Vlookup namun yang membedakan adalah cara kita membuat tabel yang berisi data. Apabila pada Vlookup kode dituliskan kebawah (per kolom) namun pada Hlookup kode ditulis secara kesamping (per baris).
Berikut lebih jelasnya:

Kemudian buatlah daftar nama-nama karyawan, pendidikan, jabatan, dan gaji. Sama seperti contoh pada Vlookup diatas. Berikut contohnya:

Kemudian pada kolom pendidikan, tulis rumus sebagai berikut:
=Hlookup(sort ke kode; range tabel kemudian klik F4; urutan baris;”false”). Seperti gambar di bawah ini:

Rumus yang sama digunakan apabila ingin menginput data jabatan dan gaji hanya tinggal mengganti saja urutan baris, 3 untuk jabatan dan 4 untuk gaji.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar