Selasa, 26 Mei 2015

Cara penggunaan rumus-rumus yang ada di Excel Part 1

Assalamualaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai cara penggunaan rumus yang ada di excel karena dengan rumus-rumus ini akan sangat membantu apabila mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan kantor khususnya untuk administrasi data karyawan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Untuk data yang hanya memiliki dua kemungkinan
  1. Siapkan data karyawan (nama-nama karyawan) lebih baik berurutan sesuai abjad atau tidak sesuai keinginan anda
  2. Buat kode untuk setiap karyawan misalnya anda ingin melihat banyaknya karyawan yang telah menikah tanpa harus input data satu persatu.

Apabila karyawan telah menikah maka di beri kode "m" namun apabila masih single diberi kode "s", apabila karyawan laki-laki diberi kode "l" namun apabila perempuan diberi kode "p"
Contoh :  
no
nama
kode
1
galih
lm
2
susan
pm
3
sony
lm
4
bumi
ls
5
weni
pm

Selanjutnya di samping kolom kode ditulis status dan gender untuk menginput data personal karyawan. Untuk input status rumus sebagai berikut : ketik =if(right(sort ke kode; banyaknya angka kode untuk status dari kanan)=”m”;”menikah”;”single”
Seperti gambar dibawah ini:


=IF(RIGHT(C2;1)="m";"menikah";"single")

Keterangan: rumus right digunakan apabila kode terletak di sebelah kanan dan banyaknya kode digunakan untuk menentukan value true, mis. Apabila menikah diberi kode ” ma” maka anda harus mengetik  =IF(RIGHT(C2;2) bukan =IF(RIGHT(C2;1)

Hal yang sama juga diterapkan apabila anda ingin menginput data gender (jenis kelamin)
Disamping kolom status tuliskan gender, kemudian ketik =if(left(sort ke kode; banyaknya angka kode untuk status dari kiri)=”l”;”laki-laki”;”perempuan”
Seperti gambar dibawah ini:
=IF(LEFT(C2;1)="l";"laki-laki";"perempuan")


Keterangan : rumus left digunakan apabila kode terletak di sebelah kiri dan banyaknya kode digunakan untuk menentukan value true, mis. Apabila laki-laki diberi kode “ la” maka anda harus mengetik =IF(LEFT(C2;2) bukan =IF(LEFT(C2;1) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar